Bahaya Bermain di Rumput Sintetis

rumput futsal paling murah

Larangan untuk memakai lapangan dengan tehnologi third generation (3G) makin bertambah. Hal semacam ini tidak terlepas dari riset seseorang profesor dari Skotlandia yang temukan bahan kimia sebagai penyebabnya kanker pada bahan rumput futsal (rumput sintetis).

Temuan ini adalah lanjutan dari laporan paling baru dari Amerika Serikat. Riset itu mengira kalau ada 168 pemain terserang kanker karena bermain di lapangan sintetis.

Penjaga gawang Lewis Maguiere (18) dari Yorkshire serta Robbie Jones (30) dari Cardiff, keduanya sudah didiagnosis alami Hodgkin’s Lymphoma. Penyakit itu yaitu kanker pada system limfatik atau kelenjar getah bening.

Sampel dari butiran karet sudah di kirim untuk diuji oleh Environment Scientifics Group serta akhirnya lalu diterikan pada Profesor Andrew Watterson, seseorang pakar kesehatan dari Stirling University.

” Laporan ini menyatakan serta mengungkap ada beberapa karsinogen dalam karet remah, ” kata Andrew pada The Mirror.

” Bila bahan kimia serta logam terkunci dalam remah, akan tidak ada paparan. Tetapi, cukup terang ada potensi resiko dari zat-zat ini untuk orang yang sukai olahraga, ” katanya lagi.

Sejauh mana serta apa dampak senyawa karsinogenik itu, menurut Andrew, masihlah jadi pertanyaan besar. Tetapi, senyawa itu dapat masuk ke badan lewat inhalasi, penyerapan kulit, atau tertelan.

Remah karet, yang terbuat dari ban mobil daur lagi, sudah dihubungkan dengan cancer clusters. Dari hasil tes diketemukan beberapa bahan kimia beresiko seperti arsenik, timbal, serta kadmium.

Seseorang penjaga gawang amatir yaitu Robbie didiagnosis menanggung derita kanker sesudah bermain di rumput sintetis 3 kali dalam sepekan sepanjang 12 th..

” Bila ada bukti materi beresiko, semestinya (lapangan sintetis) tak bisa di bangun lagi hingga ada penyelidikan. Anak-anak bermain di lapangan seperti itu serta menurut saya, orangtua mesti memikirkan 2 kali masalah ittu, ” kata Robbie.

The Sport and Play Constructio Association, yang mewakili industri kontruksi lapangan buatan belum dapat memberi pernyataan berkaitan temuan ini. Mereka terlebih dulu menyanggah karena kehadiran karet remah yang aman untuk dipakai.

Sehingga anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan rumput sintetis untuk lapangan. Baik lapangan futsal maupun lapangan bola. Bahkan anda bisa menggunakannya untuk taman dan beberapa kebutuhan lainnya